An Efficient CRM-Data Mining Framework for the Prediction of Customer Behaviour
Pada kesempatan kali ini, saya akan
membahas mengenai paper berjudul " An
Efficient CRM-Data Mining Framework for the Prediction of Customer Behaviour "
yang
ditulis oleh Femina Bahari dan Sudheep Elayidom. Kerangka kerja
CRM-data mining membangun hubungan yang erat dengan pelanggan dan mengelola
hubungan antar organisasi dan pelanggan dalam dunia bisnis. Data mining didefinisikan
sebagai proses yang menggunakan matematis, statistik, artificial intelligence
dan machine- learning untuk mengekstrak dan mengidentifikasi informasi yang
bermanfaat dan kemudian mendapatkan pengetahuan dari database tersebut. Data mining
telah mendapatkan popularitas dalam berbagai aplikasi CRM baru-baru ini dan
model klasifikasi merupakan teknik data mining yang paling banyak digunakan di lapangan. Model
ini digunakan untuk memprediksi perilaku pelanggan untuk membantu proses
pengambilan keputusan untuk mempertahankan pelanggan. Percobaan
dilakukan dengan menggunakan software Waikato
Environment for Knowledge Analysis (Weka).
Dalam paper ini, peneliti mengusulkan kerangka kerja CRM-data mining yang
efisien untuk memprediksi perilaku pelanggan. Dua model klasifikasi digunakan
untuk memprediksi perilaku pelanggan diantaranya Naive Bayes (NB) dan . Model
terbaik yang mencapai kinerja prediktif tinggi adalah Multilayer Perception
Neural Networ (MLPNN) dengan tingkat akurasi 88,63%.
Source: https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877050915002008
Source: https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877050915002008
Komentar
Posting Komentar