An Efficient CRM-Data Mining Framework for the Prediction of Customer Behaviour




Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai paper berjudul " An Efficient CRM-Data Mining Framework for the Prediction of Customer Behaviour " yang ditulis oleh Femina Bahari dan Sudheep Elayidom. Kerangka kerja CRM-data mining membangun hubungan yang erat dengan pelanggan dan mengelola hubungan antar organisasi dan pelanggan dalam dunia bisnis. Data mining didefinisikan sebagai proses yang menggunakan matematis, statistik, artificial intelligence dan machine- learning untuk mengekstrak dan mengidentifikasi informasi yang bermanfaat dan kemudian mendapatkan pengetahuan dari database tersebut. Data mining telah mendapatkan popularitas dalam berbagai aplikasi CRM baru-baru ini dan model klasifikasi merupakan teknik data mining yang paling banyak digunakan di lapangan. Model ini digunakan untuk memprediksi perilaku pelanggan untuk membantu proses pengambilan keputusan untuk mempertahankan pelanggan. Percobaan dilakukan dengan menggunakan software Waikato Environment for Knowledge Analysis (Weka). Dalam paper ini, peneliti mengusulkan kerangka kerja CRM-data mining yang efisien untuk memprediksi perilaku pelanggan. Dua model klasifikasi digunakan untuk memprediksi perilaku pelanggan diantaranya Naive Bayes (NB) dan . Model terbaik yang mencapai kinerja prediktif tinggi adalah Multilayer Perception Neural Networ (MLPNN) dengan tingkat akurasi 88,63%. 

Source: https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877050915002008

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terminology - Welcome!

A knowledge management and sharing business model for dealing with disruption The case of Aramex